• 07 JUN 17
    • 0
    Mengenal Unit PICU dan NICU di Rumah Sakit

    Mengenal Unit PICU dan NICU di Rumah Sakit

    Memiliki anak yang sedang sakit, sudah pasti menimbulkan kesedihan & kekhawatiran bagi Anda sebagai orang tua. Apalagi, dokter memutuskan untuk memasukkan si kecil ke ruang perawatan intensive khusus anak atau PICU (Pediatric Intensive Care Unit). Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan karena menurut tim dokter, anak yang dirawat di ruang PICU akan di observasi secara ketat atau mendapatkan tindakan invasive yang diperlukan sehinga mendapatkan penanganan yang lebih intensif untuk mengatasi penyakitnya.

    PICU merupakan fasilitas atau unit terpisah di Rumah Sakit yang diperuntukan untuk penanganan pasien anak yang mengalami gangguan kesehatan karena penyakit, kecelakaan/ trauma, atau gangguan kesehatan lain yang mengancam nyawa yang memerlukan perawatan intensif, observasi yang bersifat komprehensif, dan perawatan khusus. PICU diperuntukkan bagi pasien anak dengan usia di atas 28 hari sampai dengan 18 tahun. Jika ada anak usia nol sampai 28 hari yang membutuhkan perawatan intensif, akan dirawat di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

    Pasien anak yang dirawat di ruang PICU akan mendapatkan penanganan dan perawatan dari dokter spesialis anak yang siap setiap saat, dokter jaga yang mampu melakukan resusitasi jantung paru, dan perawat kompeten. Kriteria pasien anak yang masuk PICU berdasarkan prioritas :

    a) Prioritas Pertama adalah anak yang menderita sakit kritis yang dengan terapi intensif dapat sembuh sempurna dan tumbuh serta berkembang sesuai potensi genetiknya.

    b) Prioritas Kedua adalah anak yang menderita sakit kritis dengan penyakit dasar yang secara medis belum dapat ditanggulangi, namun dengan terapi intensif dapat mengatasi keadaan kritis sepenuhnya hingga anak kembali pada keadaan sebelum dirawat di PICU.

    c) Prioritas Ketiga adalah anak yang menderita sakit kritis dengan penyakit dasar yang menyebabkan anak tidak bisa kontak dengan lingkungannya secara permanen dan mengalami gangguan tumbuh kembang.

    d) Prioritas Terakhir adalah anak yang menderita sakit kritis dengan prognosis buruk sehingga dengan terapi intensif pun tidak tertolong.

    Umumnya pasien masuk PICU karena mengalami gangguan atau potensi gangguan respirasi berat, kardiovaskular, ginjal dan saluran kemih, kelainan neurologis, hematologi, onkologi, endokrin, metabolik, saluran cerna, keracunan atau overdosis obat, gagal organ multipel, trauma elektrik, serta kondisi pasca bedah yang mengancam nyawa dan membutuhkan pemantauan ketat tanda vital dan sistem organ.

    Selain PICU ada pula Neonatal Intensive Care Unit atau NICU yang diperuntukan bagi bayi baru lahir ampai dengan usia 28 hari yang membutuhkan perawatan intensif karena gangguan kesehatan Berikut adalah beberapa kondisi bayi yang harus dirawat di ruang NICU :

    1. Respiratory Distress Syndrome (RDS), Bayi yang mengalami kesulitan bernapas dan paling sering disebabkan oleh sindrom distress pernapasan (RDS). Untuk menanganinya bayi dibantu dengan mesin pernapasan atau ventilator untuk sementara atau penggunaan surfaktan buatan.

    2. Bronchopulmonary Dysplasia, Kondisi ini sering terjadi pada paru-paru bayi lahir prematur, terutama jika beratnya kurang dari 1.000 gram.

    3.Infeksi, merupakan ancaman terbesar bagi bayi prematur karena bayi belum mampu untuk melawan kuman yang masuk ke tubuhnya. Infeksi ini bisa berasal dari sebelum kelahiran, selama proses persalinan atau setelah kelahiran.

    4.Patent Ductus Arteriosus, adalah pembuluh darah pendek yang menghubungkan pembuluh darah utama untuk memasok dari paru-paru ke aorta (pembuluh darah utama yang meninggalkan jantung). Fungsinya pada bayi yang belum lahir adalah memungkinkan darah untuk melewati paru-paru, karena oksigen untuk darah berasal dari ibu. Pada bayi, pembuluh darah ini cukup panjang dan akan segera menutup setelah lahir. Tapi pada bayi prematur kadang tetap terbuka, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas dan terkadang gagal jantung.

    5.Sepsis, Adalah infeksi berat yang umumnya disebabkan oleh bakteri pada bayi, dan dapat mengakibatkan komplikasi serius pada ginjal, paru-paru, otak, pendengaran dan dapat pula mengakibatkan kematian. Bayi dapat mengalami perubahan frekuensi detak jantung, bernafas sangat cepat atau kesulitan bernafas, ada saatnya henti nafas sekitar 10 detik, kuning pada kulit dan mata.

    6.Jaundice, Penguningan kulit atau pada putih mata menandakan kelebihan bilirubin dalam darah. Bayi akan tetap berada di ruang NICU sampai kadar bilirubinnya turun.

    Kondisi diatas dapat saja terjadi pada anak anda, keluarga, kerabat anda, dan tidak semua Rumah Sakit dapat menangani dan memiliki pelayanan NICU & PICU, jika hal tersebut terjadi anda dapat menghubungi RS Harapan Keluarga. Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Rumah Sakit Harapan Keluarga telah memiliki pelayanan NICU dan PICU. fasilitas NICU dan PICU RS Harapan Keluarga dilengkapi dengan berbagai peralatan medis berteknologi terkini serta didukung oleh tim dokter serta perawat ahli intensif yang berpengalaman dan terampil menangani pasien kritikal dan memerlukan perawatan intensif.


    PICU NICU RS HARAPAN KELUARGAdr candra -rs HARAPAN KELUARGA

    Beberapa waktu lalu RS Harapan Keluarga berhasil menangani pasien  rujukan dari rumah sakit lain. Pasien tersebut dirujuk ke RS Harapan keluarga dikarenakan rumah sakit sebelumnya tidak memiliki fasilitas yang memadai.

    Pasien tersebut adalah bayi yang terlahir prematur (kurang cukup bulan) yang mengalami Respiratory Distress Syndrome (RDS) atau kesulitan bernafas. Pada kondisi ini pasien membutuhkan perawatan yang intensif dan perawatan di ruang Neonatal Intensive Care Unit atau NICU.

    Pasien tersebut ditangani langsung secara intensif oleh dokter spesialis anak RS Harapan Keluarga (dr. Chandra Segeren, SpA, M.kes). Dengan penanganan yang baik serta fasilitas yang mendukung dari RS Harapan Keluarga akhirnya pasien tersebut kini sudah pulih dan diperbolehkan pulang.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream